welcome to music++
Image by Cool Text: Free Graphics Generator - Edit Image Sky Blue Blinking Music Note music++: Band-band Indonesia Paling Berpengaruh

Senin, 26 Maret 2012

Band-band Indonesia Paling Berpengaruh

Koes Plus

Band yang dibentuk ulang pada era 1970-an ini menjadi kiblat musik Indonesia saat itu. Sebut saja Panbers, Mercys, D'Lloyd, mengakui terinspirasi oleh Koes Plus. Koes Plus adalah band yang ditambah formasinya dari Koes Bersaudara sebelum akhirnya Koeswoyo bersaudara ditangkap dengan alasan membawakan lagu-lagu The Beatles -yang katanya bisa memberi pengaruh buruk barat kepada masyarakat Indonesia. Koes Plus-lah band Indonesia yang pertama kali membawa musik pop dengan berbagai genre, diantaranya rock n' roll, pop, slow, bahkan melayu dan dangdut.
Dan total lagu mereka selama berkarir di bidang musik telah menuai prestasi diantaranya berhasil masuk rekor muri atas produksi lagu terbanyak (750 lagu)!

Dewa 19


Band ini merupakan salah satu band yang paling berpengaruh di era awal 1990-an. Kala itu Dhani dkk melakukan perjalanan panas dan padatnya Jakarta, dari bis ke bis, dari label ke label, demi memasarkan musik mereka. Akhirnya, pada 1992 mereka berhasil mengeluarkan album perdana mereka dengan lagu yang legendaris pula, Kangen. Kesuksesan itu dilanjutkan sampai sekarang Dhani membentuk studio dan rumah produksi sendiri yang diberi nama Kerajaan Cinta. Dan menurut saya, mulai Kerajaan Cinta didirikan, masalah dalam internal Dewa (terutama Dhani sendiri) makin banyak. Mulai dari cedera kaki yang dialami Tyo Nugros sampai menjadi mantan drummer sampai keluarnya Once baru-baru ini. Namun, Dewa (ataupun Dewa 19) tetap memberikan pengaruh dan sumbangsih besar dalam industri musik Indonesia, apalagi band ini masih mempunyai banyak penggemar.

SlanK

Band yang dibentuk oleh Bimbim dan Kaka dkk kala 1983 yang bernama awal Cikini Stone Complex (CSC) yang ketika manggung selalu membawakan lagu The Rolling Stones. Akhirnya mereka mengeluarkan album dan single perdana bertajuk Suit suit hehe. Selain itu, SlanK adalah satu-satunya band Indonesia yang mempunyai surat kabar untuk komunikasi dengan fans SlanK, Slankers. Band yang sebagian besar personilnya adalah tamatan SD ini sudah mempunyai banyak penggemar dimana-mana semenjak awal kemunculannya. Karena pengaruh SlanK, ada atau tidak adanya SlanK tampil dalam sebuah acara musik, Slankers selalu hadir mengibarkan bendera SlanK di tengah kerumunan penonton. Terlalu Manis adalah lagu paling terpopuler dari SlanK.

J-Rocks

Band yang dibentuk dari sebuah kompetisi band pada era 2005 ini sukses membawa pengaruh ataupun gaya Japanesse ke dalam musisi-musisi Indonesia, dari yang top 40 sampai yang sudah masuk label. Single pertama mereka yang menggebrak radio-radio di Tanah Air, Lepaskan Diriku, juga menjadi soundtrack film Catatan Akhir Sekolah (C.A.S). Sampai sekarang, penggemarnya (Jrockstar) masih menanti karya-karya dan aksi berikutnya dari Iman dkk. Selain itu, J-Rocks adalah band Indonesia pertama yang berhasil rekaman 5 lagu di Abbey Road Studio, London -studio tempat lagu-lagu The Beatles direkam.

Pee Wee Gaskins (PWG)

Band yang beranggotakan Dochi, Sansan, Omo, Aldy, dan Eye ini mampu membawa musik Pop Punk menjadi pengaruh utama konsumen musik Indonesia di era 2008. Dengan single label pertama, dibalik hari esok yang menggebrak sekitar 2009, musik Pop Punk yang menjadi genre utama PWG menjadi kiblat bermusik masyarakat Indonesia yang rata-rata SMP dan SMA (walaupun mereka tidak pernah memainkan dengan benar). Gaya-gaya mereka berpakaian juga ditiru oleh anak muda saat ini (walaupun tidak terlalu cocok memakainya, hehehe). Bagaimanapun, PWG telah berhasil memberi pengaruh kepada penikmat musik Indonesia.

The Changcuters

Meledak di awal 2008 dengan Racun dunia-nya, Tria dkk berhasil memanjakan hati pendengar musik Indonesia dengan genre rock and roll-nya. Berkat aksi panggung yang "pencilakan" dan heboh dari Changcuters, Changcutrangers (fans The Changcuters) makin banyak. Selain gaya bermusik, fashion, gaya rambut, juga gaya yang lainnya juga memberi pengaruh tersendiri pada mode saat ini, seperti kostum panggung mereka yang selalu seragam. Band ini juga berhasil tenar berkat bermain dalam film garapan Iqbal Rais, The Tarix Jabrix.

Peterpan

Band bentukan Andhika (ex personel) yang "meledakkan" musik Indonesia pada era 2003-an dengan Mimpi yang sempurna ini berhasil menjadi trendsetter bagi musik Indonesia. Pop rock jadi genre favorit di kalangan musisi top 40 sampai yang sekarang masuk label, berkat Peterpan. Lagu-lagu dari Peterpan menjadi lagu-lagu wajib band-band SMP dan SMA kala itu, selain Sheila On 7. Sampai saat ini, lagu-lagunya menjadi lagu yang wajib untuk didengarkan.

Sheila On 7 (SO7)

Nah! Jika kamu punya kakak yang menjalani masa sekolah pada era 2000-an, pasti tidak asing dengan band yang satu ini. SO7 menjadi inspirasi bagi para musisi-musisi tingkat sekolahan, itu karena personel SO7 yang berasal dari anak-anak tingkat SMA. Musik mereka easy listening, bahkan mampu membawa hawa ceria ketika apa yang diceritakan ceria, sedih dikala lagu yang dinyanyikan lirih. Sampai saat ini, SO7 masih menjadi sumber inspirasi bagi band-band setelahnya, salah satunya Peterpan.

Kangen Band

Mungkin kalian risih ya kenapa aku masukin Kangen Band ke dalam band-band paling berpengaruh? yak, jawabannya....mereka adalah trendsetter pula! Karena pada era sekitar 2006-an, lagu-lagu mereka terkenal lewat bajakan. Bukannya Andhika dkk menjadi makin tertampar karena bajakan, tapi karena bajakan itulah yang membawa mereka diundang untuk rekaman dan distribusi album ke seluruh Indonesia oleh Warner Music Indonesia. Album pertama mereka (2007) laris 300.000 kopi dengan lagu andalan Tentang aku, kau, dan dia (Usai Sudah). Namun, di pertengahan 2007 mereka mengalami pukulan yang sangat berat, mereka dicemooh dan diperolok sebagai "band perusak musik Indonesia". Diawali dengan David Naif (shit), dan diperparah oleh lagu rap milik 8Ball. Meski begitu, Kangen Band berhasil mempopulerkan musik-musik bergenre Pop Melayu ke sebagian besar musisi Indonesia. Bahkan sampai ada band yang sudah lama masuk label rela menjajal Pop Melayu untuk lagu terbaru mereka!

Yang saya tahu cuma segitu saja. Tapi selain mereka masih ada yang berpotensi memberikan trend baru bagi musik Indonesia. Hanya saja, mereka masih kalah dengan yang ada di atas. Dari post ini, bisa diambil dari kisah sukses mereka, merintis karir mulai 0 hingga seratus, bahkan seribu. Semoga bisa menjadi inspirasi ;)

2 komentar:

funny gifs funny gifs funny gifs funny gifs funny gifs funny gifs