welcome to music++
Image by Cool Text: Free Graphics Generator - Edit Image Sky Blue Blinking Music Note music++: Audisi Calon Drummer Dream Theater

Selasa, 27 Maret 2012

Audisi Calon Drummer Dream Theater

    Bagi saya, salah satu band terbaik saat ini adalah Dream Theater, yang dibentuk tahun 1985 dengan nama awal Majesty oleh John Petrucci, John Myung, dan Mike Portnoy. Menurut ilmu kemeruh saya, band ini seperti jazz-nya musik metal, para personelnya sudah paham di luar kepala teori-teori musik, dan saat bermain mereka melupakan semua teorinya. Misalnya diibaratkan musik pop adalah jalan santai, musik speed metal lari sprint, maka musik progressif metal ala Dream Theater adalah lari kesandung-sandung, jalan santai, tiba-tiba sprint, lalu jatuh gelundungan, sulit ditebak, dan yang jelas sulit dimainkan.
Semua personel Dream Theater hebat, kecuali mungkin vokalisnya yang kadang agak keteteran , tapi salah satu nyawa utamanya terletak pada sang drummer, Mike Portnoy. Kalo sampeyan pernah mendengar permainan bass Billy Sheehan yang ndak puas cuma jadi penjaga ritme, demikian halnya dengan Mike Portnoy, hingga ada semacam olok-olokan kalo beliau ini ndak sekedar drummer tapi lead drum. Kadang dalam sebuah lagu yang menjadi penjaga ritme justru gitarisnya, John Petrucci, sementara si Portnoy ngedrumnya pecicilan kemana-mana.
Makanya cukup mengagetkan waktu Portnoy menyatakan diri keluar dari Dream Theater, setelah sekitar 25 tahun membesarkan band ini. Susah membayangkan Dream Theater tanpa Mike Portnoy, seperti membayangkan Dewa 19 tanpa Ahmad Dani, atau Metallica tanpa James Hetfield, dangdut tanpa Nita Talia, atau industri porno Jepang tanpa Maria Ozawa. *woi! fokus woi! fokus!!*
Tapi memang itulah yang terjadi, pada 8 September 2010 Mike Portnoy mengumumkan bahwa dia resmi meninggalkan Dream Theater, untuk kemudian mengisi posisi drummer pada band Avenged Sevenfold sampai Desember 2010.
Dan Dream Theater pun membuka lowongan drummer. Menurut kabar burung yang saya dengar konon ada tujuh orang calon drummer yang diundang untuk mengikuti audisi, dan sudah tentu saja mereka bukan drummer sembarangan. Sampeyan haruslah drummer terbaik untuk bisa bergabung dengan band terbaik.
Inilah tujuh drummer tersebut:
  1. Aquiles Priester
    Lahir 25 Juni 1971, drummer dengan genre power metal dan progressive metal, pernah bermain dengan band Angra dan Hangar.
  2. Derek Roddy
    Lahir 28 Agustus 1972, drummer serba bisa dengan genre death metal, blues, jazz, dan rock. Konon dia ini terkenal memiliki kecepatan dan kekuatan yang luar biasa. Pernah bermain dengan band Hate Eternal, Malevolent Creation, Nile, Divine Empire, Aurora Borealis dan Council Of The Fallen.
  3. Marco Minnemann
    Lahir 24 Desember 1970, termasuk salah satu drummer yang seneng mengutak-atik perangkat dan permainan drum, juga pinter menuangkannya dalam bentuk pelajaran. Konon bukunya yang berjudul Extreme Interdependence dan Maximum Minnemann dipuji-puji oleh banyak orang sebagai buku pelajaran drum terbaik.
    Dia ini ndak cuma bisa main drum, gitar, bass, keyboard, organ, dan perkusi pun dia embat. Dan ndak cuma sebagai pemain, dia juga berperan sebagai komposer, produser, dan engineer, pokoknya kemaruk lah. Genrenya jazz, rock, heavy metal, dan instrumental metal. Soal pengalaman bermain juga ndak perlu dipertanyakan lagi, dia sudah main dengan banyak musisi top macem Paul Gilbert, Greg Howe, selain proyek solo dan band bentukannya sendiri.
  4. Michael Mangini
    Lahir 18 April 1963, drummer dengan genre trash metal, funk metal, progressive metal, dan instrumental metal ini pernah bermain bersama Annihilator, Steve Vai dan Extreme. Dia juga ngajar di Berklee College of Music. Kalo pengen liat gimana dia main sama Petrucci dan kawan-kawan monggo disimak video audisi drummer Dream Theater part I 
    1. Peter Wildoer
      Lahir 5 September 1974, drummer bergenre heavy metal ini pernah bermain untuk band Armageddon, Majestic, Pestilence, Silver Seraph, Arch Enemy, Time Requiem, Gardens of Obscurity dan Dawn of Oblivion. Dia juga pernah berkolaborasi dengan vokalis Dream Theater, James Labrie dalam album Static Impulse.
    2. Virgil Donati
      Mungkin drummer paling tua yang ikut ambil bagian dalam audisi ini, lahir di Melbourne, 22 Oktober 1958. Drummer bergenre instrumental rock, progressive metal dan jazz fusion ini pernah bermain bersama ex keyboardis Dream Theater, Derek Sherinian, dalam band bernama Planet X.
      Sekedar info buat sampeyan, Derek Sherinian ini pernah juga mengisi track keyboad di salah satu albumnya Yngwie Malmsteen. Buat yang ndak tau Yngwie Malmsteen, beliau ini salah satu pelopor gitar yang mengandalkan kecepatan, yang keluar dari band bernama Alcatraz karena konon Alcatraz ndak bisa menerima kenyataan kalo gitarisnya lebih terkenal daripada nama bandnya.
      Ndak tau Alcatraz? Itu nama penjara yang konon setara dengan Azkaban. Tau Azkaban kan? *Woi! Fokus! Fokus!*
    Demikianlah nama ketujuh calon drummer Dream Theater tersebut.
    Lho, kok tujuh? Baru enam itu!
    Lha mbuh, wong dari video audisi drummer Dream Theater memang yang nongol cuma enam kok. kalo ada yang tau siapa oknum ketujuh, monggo, jangan sungkan-sungkan untuk ngasih tau saya.
    Apdet tanggal 28 April 2011, terima kasih buat Fandrisha Zhahira, inilah drummer ketujuh yang ikut audisi drummer Dream Theater:
    7. Thomas Lang
    Lahir 5 Agustus 1967 di Wina, Austria. Dia ini pernah dinobatkan oleh majalah Drummer Magazine sebagai salah satu drummer tercepat dan paling ruwet, alias penuh dengan teknik tingkat tinggi. Genrenya cukup lengkap, mulai dari pop, rock, jazz, sampe progressive.
    Kalo sampeyan belum tau, dia pernah bermain untuk John Wetton (UK, King Crimson), Robert Fripp, Glenn Hughes, Robbie Williams, Kelly Clarkson, Sugababes,  Steve Hackett,  Falco, Nina Hagen, Steve Jones, Geri Halliwell, Emma Bunton, Victoria Beckham, Ronan Keating, juga Boyzone. Ya, Boyzone sodara-sodara



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

funny gifs funny gifs funny gifs funny gifs funny gifs funny gifs